Mengatasi Anak Hiperaktif Usia 3 Tahun

Mengatasi Anak Hiperaktif Usia 3 Tahun, Mengatasi Anak Hiperaktif, Anak Hiperaktif, Mendidik Anak Hiperaktif, Cara Mendidik Anak Hiperaktif, Anak ADHD, Menangani Anak ADHD
Mengatasi anak hiperaktif – anak hiperaktif disebabkan oleh adanya gangguan pada pusat pada pusat perhatian dan gangguan syaraf motorik pada otak. Sehingga anak hiperaktif memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan anak normal lainnya. Penderita hiperaktif memiliki gejala tidak mampu dalam memusatkan perhatian, pikiran, konsentrasi, dan cenderung aktif dalam dunianya sendiri.

Dalam istilah kedokteran anak hiperaktif dikenal dengan istilah Attention Defisit Hyperaktivity Disorder (ADHD). Dalam mengatasi anak hiperaktif tidak bisa disamakan dengan penanganan anak normal lainnya. Anak ADHD akan lebih susah diatur, sulit diajak komunikasi, susah berkonsentrasi, perilaku agresif, dan tidak bisa tenang.

Mengatasi Anak Hiperaktif Usia 3 Tahun

  1. Temani anak bermain

Anak hiperaktif biasanya memiliki energi yang berlebih untuk menjalani aktivitas fisik. Orang tua harus menemani anak bermain untuk menyalurkan energi tersebut.

  1. Tarik Perhatian Anak Secara Terarah

Selalu ajak anak untuk melakukan kegiatan yang atau bermain bersama yang  benar benar sesuai keinginan anak. Kegiatan yang dipilih pun harus bisa menyalurkan energi emosional anak yang berlebihan.

  1. Arahkan anak untuk melakukan hobi dan kegemarannya yang positif

Karena pada umumnya anak hiperaktif memiliki tingkat kecerdasan yang mengagumkan. Jadi akan lebih baik jika energi anak yang belebih disalurkan pada hal yang tepat agar kecerdasan anak dapat berkembang dan sesuai dengan minat dan bakatnya.

  1. Atur pola makan

jauhi makan denga penambah rasa, pemanis buatan, dan pewarna. Karena dapat memicu aktifnya hormon yang menyebabkan kegelisahan pada anak. beri makanan yang mengandung kalsium dan magnesium. Seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Karena anak hiperaktif sangat banyak bergerak sehingga metabolisme tubuhnya lebih cepat dari anak normal. Sehingga ia membutuhkan asupan makanan lebih banyak dari anak normal.

  1. Rapikan Perlengkapan main anak

Taruh perlengkapan aktivitas atau mainan anak pada tempat yang dapat membuatnya tenang. Susun dan tempatkan semua mainan pada tempatnya. Agar anak bisa menggunakannya kapan saja saat ia ingin tenang dan tidak banyak bergerak.

  1. Harus selalu bersabar

Penderita hiperaktif berbeda dengan anak lainnya. Menekan dan membentak anak ini hanya akan membuatnya berontak. Jadi, dalam keadaan sejengkel apapun orang tua harus tetap sabar dan tenang menegur si kecil dengan cara yang lebih persuasif dan lebih halus.

Demikianlah cara mengatasi anak hiperaktif yang bandel dan tidak bisa diatur. Kunci keberhasilan anda dalam mengatasi anak hiperaktif terletak pada kesabaran dan kesediaan anda dalam menghadapi berbagai hambatan yang terjadi dalam proses mendidik anak.