Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Cara Meningkatkacara meningkatkan konsentrasi belajar anakn Konsentrasi – Prestasi seorang anak sangat ditentukan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kemampuan konsentrasi anak saat belajar. Kemampuan konsentrasi anak sangat berpengaruh pada kecerdasan dan prestasi. Banyak anak yang tadinya memiliki catatanĀ  prestasi sangat baik tiba tiba kehilangan minatnya dalam belajar. Ternyata daya konsentrasi lah yang menyebabkan turunnya minat belajar pada anak.

Masalah konsentrasi pada anak dapat terlihat saat perhatiannya mudah teralih, dan sulit fokus dalam menyimak suatu hal, hal tersebutlah yang menyebabkan anak sulit dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sehingga menyebabkan penurunan pada minat belajar anak. Jika anda menemui hal hal tersebut pada anak anda, segera lakukan cara meningkatkan konsentrasi belajar anak berikut ini.

Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

  1. Beri waktu istirahat yang cukup

Saat anak sudah merasa lelah, jangan paksa mereka untuk terus belajar. Belajar yang dipaksakan hasilnyapun akan kurang optimal. Setidaknya beri anak waktu 1-2 jam untuk istirahat tidur siang. Hal tersebut akan membuat otak mereka dapat berfungsi dengan maksimal kembali.

  1. Deteksi kesehatan anak

Orang tua harus peka dengan kondisi kesehatan anak. Beberapa gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan menurunnya konsentasi pada anak. Misalnya anemia, sariawan, dll. Atau mungkin anak anda mengalami gangguan mata yang menyebabkan kesulitan saat membaca sehingaa memerlukan bantuan kacamata.

  1. Olahraga teratur

Ajak anak anda melakukan olah raga teratur seperti bersepeda, atau berenang. Olahraga teratur memperlancar aliran darah ke otak. Sehingga membuat anak tidak mudah lesu dan meningkatkan konsentrasi.

  1. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Protein yang tinggi mempengaruhi fungsi otak dopamin yang dapat dengan mudah untuk meningkatkan konsentrasi.

  1. Perbanyak minum air putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan otak kurang optimal dalam bekerja sehingga menyebabkan hilangnya konsentrasi pada anak.

  1. Batasi penggunaan gadget dan menonton Televisi

Kegiatan ini sangat berpengaruh pada konsentrasi anak. Anak yang telah kecanduan menonton tv atau berbain gadget akan merasa malas untuk belajar. Fokusnya akan banyak disita oleh media tersebut. Untuk meningkatkan kembali konsentrasi belajar anak, sebaiknya batasi waktu menonton televisi dan penggunaan gadget pada anak.

  1. Atur posisinya saat belajar

Posisi saat belajar juga sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi anak. Hindari belajar dengan posisi tiduran, dekat dengan televisi, sambil mengobrol, dan lain sebagainya. Posisi belajar yang baik adalah duduk tegak dan dengan suasana yang tenang.

Itulah beberapa cara meningkatkan konsentrasi belajar anak yang dapat anda lakukan. Dengan mempraktikkan beberapa tips di atas diharapkan anak dapat lebih berkonsentrasi dan dapat mencapai hasil yang diinginkan.