4 Minuman yang Harus Ada Dalam Daftar Menu Sehat Ibu Hamil


Ada banyak hal yang harus anda perhatikan ketika hamil. Mulai dari aktivitas sehari-hari, kesehatan, hingga mengatur pola dan menu makanan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan kesehatan janin. Jika ibu hamil kurang memperhatikan menu sehat ibu hamil, maka dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan mental maupun fisik janin.

Selain menu makanan sehat untuk ibu hamil, minuman juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan janin. Kekurangan minum dapat menyebabkan anda dehidrasi yang akan menjadi lebih parah ketika usia kehamilan memasuki trisemester pertama. Sebab pada usia itu ibu hamil mengalami morning sickness (mual dan Muntah).

Untuk menghindari bahaya-bahaya di atas, berikut ini adalah 4 minuman yang termasuk dalam menu sehat ibu hamil muda.

4 Minuman yang Termasuk Dalam Daftar Menu Sehat Ibu Hamil

1. Air Putih

Jenis minuman pertama yang harus ada dalam menu harian sehat ibu hamil adalah air putih. Sebab air putih adalah minuman paling dibutuhkan tubuh setiap harinya. Tidak hanya mencegah dehidrasi, tapi juga memenuhi kebutuhan air ketuban di dalam tubuh yang melindungi janin. Menurut Healthline, ibu hamil butuh minum lebih dari 8 gelas air per hari.

2. Jus Jeruk

Ibu hamil membutuhkan 2 kali lipat vitamin C dibandingkan biasanya. Sebab ibu hamil cenderung mengalami mual dan muntah (morning Sickness). Minum jus jeruk yang asam mampu meringankan morning sickness dan menutrisi tubuh. Selain itu Vitamin C juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk tubuh.

3. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. minuman ini mampu menggantikan nutrisi tubuh yang hilang diserap tubuh dan disalurkan ke bayi dalam kandungan. Selain sangat baik mencegah dehidrasi dan menjaga elektrolit tubuh, air kelapa muda juga mampu menjaga kekuatan kandungan ibu.

4. Susu dan Yoghurt

Kandungan protein, kalsium dan lemak sehat di dalam susu sangat lengkap menutrisi janin dan kebutuhan harian ibu. Kalsium adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu untuk mempertahankan kepadatan tulang saat hamil. Pastikan susu dan yogurt tersebut matang, karena ibu hamil tidak boleh makan atau minum segala sesuatu yang mentah.

Itulah 4 minuman yang baik untuk ibu hamil. Perhatikan daftar menu sehat ibu hamil untuk menjaga kesehatan anda dan sang calon buah hati. Dan lakukan pemeriksaan rutin tiap bulan agar keluhan kehamilan bisa teratasi secepatnya.